Tenang Gaes, Ini Ideas Liburan Akhir Tahun Yang Aman Di Masa Pandemi

Jika sebelumnya kebanyakan orang menghabiskan liburannya dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang kekinian atau instagramable, tapi sepertinya gaya wisata seperti ini akan menurun pamornya. Hal ini dikarenakan, ruang tempat wisata yang terbatas membuat kebanyakan orang masih takut dengan penyebaran virus. Reisa memastikan, liburan di rumah saja tidak kalah seru dibandingkan berlibur di luar rumah. Banyak aktivitas bisa dilakukan mulai dari tur digital ke tempat-tempat wisata seperti museum, menonton konser musik secara digital, menonton film hingga membuat permainan seru. Melaksanakan protokol kesehatan yang ketat menjadi hal yang paling wajib saat traveling, tidak hanya dengan melakukan 3M saja, tetapi ada hal-hal lain yang patut untuk diperhatikan. Jika bepergian menggunakan transportasi umum, Ning mengimbau agar wisatawan tidak makan dan minum selama perjalanan.

Di satu sisi, masyarakat sudah mulai jenuh dengan adanya pembatasan aktivitas. Persiapan penting lainnya jika akan berlibur adalah soal biaya liburan. Biaya liburan idealnya dipersiapkan jauh hari sebelumnya dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulan agar tidak mengganggu money move. Tidak ada patokan khusus yang harus disisihkan setiap bulannya untuk berlibur, tergantung seberapa besar perkiraan yang akan keluar untuk berlibur dan seberapa lama target untuk menyiapkannya. Informasi ini tentu saja dapat kalian dapatkan dengan mudah melalui aplikasi perjalanan atau website resmi mereka. Hal ini disebabkan, mencegah penularan Covid-19 dari benda lain yang disentuh sembarangan.

Sejak pandemi Covid-19 menyerang mulai bulan Maret 2020 lalu, banyak aktivitas terganggu, termasuk kegiatan berwisata. Dalam sembilan bulan terakhir tentu banyak yang belum ke luar rumah untuk melakukan kegiatan wisata. Padahal sebelum pandemi, kegiatan liburan mungkin rutin dilakukan minimal dua kali setahun. Sebaiknya, pilihlah tempat wisata yang lokasinya dekat dengan rumah Anda.

Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa orang yang berada di dalam mobil adalah keluarga satu rumahmu. Jika tidak memiliki mobil pribadi, anda bisa menyewa mobil rental yang saat ini tengah ramai digunakan di masa pandemi. Kewajiban menggunakan masker dan faceshield untuk anak di transportasi umum kemungkinan besar akan membuat mereka tidak betah.

Cara aman untuk berlibur ditengah masa pandemik

Althoff menyarankan agar jumlahnya tidak melebihi 10 orang dan tetap disiplin menerapkan protokol jaga jarak. Pergi menggunakan kendaraan pribadi tentu akan memiliki risiko yang jauh lebih rendah. Tapi jika pantai yang dituju memungkinkan untuk menerapkan jaga jarak, maka tak masalah untuk pergi.