Four Ideas Menyimpan Makanan Agar Tahan Lama Di Kulkas

Tepat sebelum dimakan, Anda bisa agi sisa makanan Anda ke dalam wadah penyimpanan dan letakkan di lemari es. Jika Anda khawatir makanan terlalu panas untuk diletakkan di lemari es, sebenarnya aman untuk menempatkan makanan panas langsung di lemari es. Namun, Anda harus memotong porsi besar atau membagi makanan dalam jumlah besar menjadi porsi yang lebih kecil agar cepat dingin. Cara Anda menyimpan sisa makanan Anda penting untuk memeriksa seberapa baik sisa makanan akan terasa dalam tiga hingga empat hari setelah dimasak.

Dengan membuat acar, Anda bisa menyimpan stok Makanan lebih lama. [newline]Pertama simpan bahan acar dengan merendamnya dalam cuka atau minyak sayur untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Anda juga bisa menambahkan bumbu dan rempah antimikroba seperti biji sesawi, bawang putih, kayu manis atau cengkeh. Anda dapat mengasinkan Makanan seperti daging, mentimun, bit, paprika, tomat, jamur, dan sebagainya. Tentunya Anda juga perlu memastikan bahwa Bahan Makanan tetap segar untuk dikonsumsi. Anda mungkin pernah menemukan Sayuran dan Bahan Makanan lain kering atau busuk meskipun disimpan di lemari es. Kita kerap menganggap bahwa kulkas menjadi tempat yang tepat untuk menyimpan berbagai jenis makanan ya.

Tapi simpanlah selalu di tempat sejuk dan kering, yang tidak terkena sinar matahari langsung. Makanan kaleng yang telah dibuka juga harus dimasukan dalam wadah tertutup dan disimpan di mesin pendingin dalam waktu 2 jam. Kelembapan mungkin bisa jadi kondisi yang baik untuk menyimpan bahan makanan. Jadi, pastikan Bunda selalu mengeringkan segala hal yang telah dicuci agar bahan makanan terhindar dari jamur.

Jika anda mencucinya, justru itu akan merusak kelembapannya sehingga bisa membuatnya cepat membusuk. Nah, untuk menghindarinya anda bisa menaruhnya secara langsung seperti semula tanpa harus membersihkannya dengan air terlebih dahulu. Terkadang, kita hanya menggunakan setengah potong lemon dan memasukkan sisanya ke dalam kulkas. Ketika akan digunakan lagi, potongan itu sudah terlanjur keras dan kering. Nah, kamu bisa membungkusnya dengan aluminium foil untuk menjaganya agar tetap segar dan tidak keras. ‘Best before’ dicantumkan pada makanan dengan umur simpan yang lebih panjang, dan menunjukkan berapa lama makanan akan tetap baik sebelum dikonsumsi.

Cara menyimpan makanan dengan tepat

Penting untuk memerhatikan suhu kulkas sebelum Anda menyimpan makanan di dalamnya. Pastikan kulkas Anda berada pada suhu 5º Celsius atau lebih rendah untuk menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya pada makanan. Walaupun kulkas berguna untuk menyimpan makanan sisa lebih lama, tetap ada waktu optimum untuk mengonsumsinya. Hal ini dilakukan agar tidak ada kuman yang mengontaminasi makanan selama penyimpanan. Bila tidak ada wadah kedap udara, letakkan di piring atau mangkuk, lalu tutup denganplastic wrap.

Ketika terdapat makanan sisa di rumah sebaiknya jangan dibuang. Langkah ini sama dengan cara menyimpan makanan matang di kulkas. Simpan makanan di bagian atas pada laci pertama dimana temperaturnya sangat teratur dengan baik.

Tapi, pastikan kamu membungkusnya dengan wadah atau kantung plastik yang food grade ya. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan saat menyimpan daging di kulkas Agen PAY4D sebagaimana dilansir dari Kompas.com. Namun, tahukah kamu sebelum menyimpan daging di kulkas ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar daging tersimpan dengan baik.

Selain mudah rusak, makanan tersebut dapat mengandung bakteri yang berpengaruh pada tubuh, lho. Pemisahan ini tidak sebatas pada tempat penyimpanannya saja, melainkan talenan, pisau, dan penjepit makanan pun sebisa mungkin dipisahkan. Contohnya, gunakan pisau yang berbeda untuk memotong daging mentah dengan yang untuk memotong sayuran dan buah, khususnya makanan yang tidak akan dimasak. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri pada daging mentah mengontaminasi makanan yang siap dikonsumsi. Tips yang pertama adalah bekukan makanan sesuai porsi memasaknya. Misalkan saja, kamu membeli 1 kg daging sapi, tapi nantinya akan dibagi untuk digunakan menjadi campuran sop, soto, dan tumisan.

Hal ini dikarenakan bagian tersebut selalu mengalami perubahan susu karena sering dibuka dan ditutup. Untuk produk susu kemasan sebaiknya langsung disimpan di dalam kulkas jika belum ingin langsung meminumnya. Perlu diingat, untuk nggak menyimpan jenis buah yang berbeda dalam satu wadah. Sebagai contoh, pisahkan buah berry dan cherry di plastik yang berbeda. Yup, satu hal yang tidak boleh tertinggal adalah memastikan keamanan dari makanan yang disajikan.