Solo

“Dulu saya kuliah itu nekat sendiri, orangtua tahunya beasiswa. Karena mereka tidak sanggup kalau mau kuliahin, makanya saya dulu nekat sendiri, ” ucap anak ketiga dari tiga bersaudara ini. Lebih lanjut ia menjelaskan, hal tersebut tidak lepas dari berbagai dukungan yang ada di Departemen Informatika. Dengan tetap menjaga kualitas pendidikan itu yang paling utama.

Bahkan dirinya bersama pekerja yang lain menganggap Siti serupa bagian dari titisan mereka. Untuk mensponsori kuliah dan kesehariannya, Siti pun berlaku di salah homo rumah makan pada kawasan Cileunyi, Kota Bandung. Menurut Sabila, sejak awal merasuk perkuliahan Siti merupakan orang yang sedang tertutup. Namun, dia kerap mendengar kalau Siti selalu mencopet dengan keripik di setiap harinya.

Mahasiswa cumlaude

Saat ini, orangtuanya hanya mengetahui jika dirinya lulusan terkemuka di wisuda. Ayahnya tidak paham beserta sebutan wisudawan terkemuka dengan meraih perhitungan sempurna. “Orangtua tahunya juara, tapi bukan tahu Cum Laude, ” jelasnya. “28% dari seluruh wisudawan mendapat predikat cumlaude yaitu mendapatkan IPK lebih dari 3, 5 serta valid tepat waktu ialah 3 tahun guna program diploma serta 4 tahun guna program sarjana, ” jelas Rektor, Prof. Dr. Ir. Masa ini ia meraih melebarkan sarjana sastra di dalam Prodi Sastra Inggris Universitas pamulang beserta IPK 3, 88. Ia juga mendapatkan penghargaan sebagai wisudawan terbaik dari Prodi Sastra Inggris.

Pelaksana bimbingan dan konseling di tingkat fakultas/ program studi adalah dosen wali, atau konselor yang ditunjuk oleh fakultas, atau Badan Konsultasi Mahasiswa Fakultas. Penilaian hasil belajar mahasiswa bertujuan mengukur pencapaian kompetensi yang ditetapkan oleh program studi. Lulusan FH UPN Veteran Jakarta angkatan 2011 ini mengaku, usai mendapat materi dari dosen di kampus, dirinya menulis ulang catatan kuliah dengan lebih rapih lagi. Cara ini, Erista berkeyakinan bahwa bisa menjadi pola terbaik dalam belajar.

Sebaran para peserta wisuda sebanyak 112 orang dari Pascasarjana, Fakultas Ilmu Pendidikan 133 orang, Fakultas Bahasa dan Seni 154 orang, FMIPA 160 orang, Fakultas Ilmu Sosial 74 orang, FT 170 orang, FIK 96 orang, dan FE tercatata 103 orang. Rektor UNY Prof. Sutrisna Wibawa menjelaskan, pada wisuda periode Mei 2018 ini diikuti 1. 002 orang, terdiri atas sembilan orang Doktor, 103 dari Program Magister Pendidikan, 822 orang Sarjana dan 68 orang Program Diploma. Dari usahanya mengumpulkan barang bekas, Pak Mutholib begitu sapaannya ia gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Ia tidak ingin anaknya bernasib menjadi pemulung seperti dirinya.

Masalah ini yang buat kamu jadi “stuck” di titik itu aja dan juga menjadikan kamu gagal me-manage waktu kamu. Jangan sampai fokus kamu hanya dihabiskan untuk pelajaran yang sulit, sehingga di pelajaran lain kamu nggak begitu mementingkannya karena dianggap mudah. Kamu harus memastikan bahwa semua mata kuliah itu penting dan harus kamu kuasai dengan nilai yang baik. Selain belajar dengan sungguh-sungguh dan berusaha menguasai ilmu dan skill yang dibutuhkan, kamu juga harus mengetahui syarat-syarat penilaiannya. Marzuki menjelaskan, dalam wisuda tahun ini melahirkan 359 cumlaude dari berbagai Prodi baik Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab maupun Ahwal Al-Syakhsyiayah, Ekonomi Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam. Selama kuliah di Kampus ABM, Lidia Yunianti mendapat kesan yang sangat baik, dia merasa senang mendapatkan teman dan sahabat yang sangat baik, serta staf kampus yang selalu memberikan pelayanan yang ramah yang selalu siap membantu dengan maksimal.