Perhatikan Bunda, Ini Cara Menyimpan Makanan Kalengan Yang Benar!

Jauhkan bawang-bawangan dari bahan makanan lain karena mengandung gas dan bau yang menyengat. Jangan pernah menempatkan makanan atau minuman panas dalam wadah plastik. Tapi dalam hal ini, Technoplast hanya memiliki beberapa produk saja yang tidak kuat dengan air panas. Artinya, banyak dari produk Technoplast yang tahan dengan air panas. Jangan menaruh wadah plastik di tempat yang terpapar sinar matahari langsung atau di ruangan yang suhunya di atas 35 Derajat Celcius.

Sementara itu bawang bombai cocok disimpan di tempat kering bersuhu zero hingga 4 derajat Celcius. Selain itu, bakteri tidak akan hilang dengan hanya dibersihkan dengan air. Yang terjadi malah daging terkontaminasi bakteri lain dari tempat pencucian atau dari air itu sendiri. Kini sudah banyak plastik ramah lingkungan yang bisa digunakan untuk membungkus makanan di dalam kulkas.

Meskipun makanan kaleng adalah makanan yang tahan lama, usahakan untuk tidak menyimpannya lebih dari satu tahun. Makanan kaleng dengan kandungan asam yang rendah seperti daging dan sayuran bisa disimpan dengan baik selama 2-4 tahun. Simpan makanan kaleng yang sudah dibeli di tempat yang kering dan sejuk dengan suhu antara 10° -21° Celsius. Selanjutnya, jangan pernah menyimpan buah-buahan yang belum matang ke dalam lemari es. Karena hal ini justru akan memudahkan proses pembusukan pada buah tersebut.

Dari pada terbuang percuma, ada baiknya lebih bijak saat membeli. Jika memiliki finances lebih untuk penyimpanan makanan, vacuum sealer merupakan pembungkus paling baik untuk memperpanjang usia makanan yang disimpan. Hal ini karena vacuum sealer mencegah makanan berkontaminasi dengan udara sehingga menjauhkannya dari resiko kondensasi, hingga freezer burn. Memiliki berbagai ukuran, plastik klip dapat digunakan untuk mendinginkan atau membekukan hampir semua jenis makanan ataupun minuman. Untuk membekukan menggunakan plastik klip, letakkan makanan atau minuman secara mendatar di permukaan freezer. Ketika sudah beku sempurna, susun seperti cara menyusun buku di rak buku untuk menghemat ruang pada freezer dan memudahkan pengambilan.

Cara menyimpan makanan dengan tepat

Dilansir dari laman Daily Meal, Kamis, 16 Juli 2020, berikut ini beberapa cara untuk membuat makanan tahan lama. Sayuran dan buah kaleng terkadang lebih baik daripada yang segar. Agen Bola Online Sayuran dan buah yang dipilih untuk dikalengkan adalah yang sudah matang dan baru dipetik. Hal inilah yang membuat sayuran dan buah kaleng bisa mempertahankan lebih banyak nutrisinya.