Akademik

Tapi ini biasanya tidak swasembada, sebab syarat IPK juga umumnya tiru dari akreditasi lokasi sebelumnya. Misalnya, sohib2 berasal dari lokasi dengan grade pengesahan A, maka IPK minimalnya hanya zakar 3. 00. Berbeda dengan, jika teman-teman berawal dari kampus grade B, maka IPK minimal hanya zakar 3. 25 serta 3. 50 kalau teman-teman berasal dibanding kampus grade C. Kampus-kampus ternama pasca sarjana rata-rata meletakkan minimal IPK pada syarat penerimaan susunan. Rizky bekerja sampingan sebagai pengemudi taksi online Grab guna membiayai kuliahnya. Kalau pagi hari mesti mengikuti perkuliahan, serta siang sampai silam harus mengikuti Praktikum, usahakan saat silam kita masih mampu mengerjakan Tugas dibanding Dosen.

Mahasiswa cumlaude

Dalam kelas dia sedang bisa memahami peralatan yang disampaikan guru melalui power point atau tulisan dalam papan. Kendati demikian, bukan berarti dia sama sekali tak pernah mengalami tragedi di kelas. Ahmad Suyoko merupakan keturunan ke-3 dari lima bersaudara pasangan Alm. Tayeb dan Nurlaila yang berasal daripada Tepas, Sumbawa Barat, NTB. Meskipun muncul dengan keterbatasan perekonomian, tak lantas menggempur impiannya untuk dapat mengejar pendidikan sampai bangku pendidikan menjulung. Unduh aplikasi Rencanamu sekarang, tuntaskan seluruh kegalauan dengan mengarifi minat dan kekuatan terbaikmu, hingga haluan kuliah yang awak banget.

Dalam orasinya, ia berpesan agar para lulusan Universitas Nasional dapat Ia pun berpesan agar lulusan Universitas Nasional dapat memberikan sumbangsih bagi tanah airnya melalui ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di bangku kuliah. ‘’Dengan latar belakang pendidikan saudara, saya percaya kita mampu memberikan kontribusi nyata untuk membawa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang besar, ’’ tutupnya. Prestasi para wisudawan ini tak terlepas dari proses pembelajaran yang diterapkan oleh Universitas Nasional. Untuk melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas, Universitas Nasional, telah menerapkan Kurikulum Perguruan Tinggi berbasis Standar Nasional Perguruan Tinggi/ Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau SNPT/KKNI.

Kualifikasi akademik dosen sebagaimana dimaksud dalam ayat diperoleh melalui pendidikan tinggi program pascasarjana yang terakreditasi sesuai dengan bidang keahlian. Dosen wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan oleh Universitas Diponegoro, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. “Unusa tidak hanya menghargai kemampuan akademik tapi juga memberikan apresiasi terhadap capaian kegiatan dan aktivitas lain dari mahasiswa yang aktif dalam berkegiatan di kampus dan di luar kampus, ” katanya. Surabaya –Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya mewisuda 703 mahasiswa untuk periode kedua tahun akademik, Rabu (11/9). Dari jumlah tersebut dinyatakan 515 mahasiswa lulus dengan predikat cumluade yang didominasi perempuan. “Alhamdulilah, saya bisa menyelesaikan studi di UGM, ” ujar Suyoko usai prosesi wisuda program sarjana dan diploma periode II tahun 2019/2020 Universitas Gadjah Mada, Rabu (19/2/2020).

Mereka yang menyandang predikat ini, biasanya memiliki nilai lebih tinggi dari batas tertentu. Hal tersebut pun terbukti, kedua kakaknya telah berhasil lulus kuliah dari UPI dan IPB. Dan saat ini pun dia berhasil menyusul kakak-kakaknya dalam menyelesaikan studi sarjana dari Fakultas Biologi UGM dengan IPK 3, 78 dan meraih perdikat cumlaude. Sementara sang adik saat ini juga tengah menjalani studi di Universitas Brawijaya, sedangkan adik bungsunya tengah menyiapkan diri untuk menyerap perguruan tinggi tahun ini. Keistimewaan untuk Pinters yang makbul lulus dengan label ini cukup jumlah.